Minggu, 14 September 2014

Matikan Mesin Motor Saat Berhenti

Apakah emak termasuk orang yang sering lupa mematikan motor saat berhenti? Waduh mak jangan diulang lagi deh, berbahaya! Selain motor bisa dibawa kabur pencuri, bisa juga membahayakan keselamatan kita mak.

Barangkali emak beralasan, kuncinya sudah rusak, sehingga mesin susah dimatikan. Kalaupun dimatikan, butuh waktu lama untuk menghidupkan kembali. Duh mak jangan sering alasan deh. Banyak kan bengkel motor yang bisa menyervis motor, bahkan kalau soal kunci yang rusak, bisa kok dibetulkan. Percaya deh mak sama saya.

Soal mesin motor yang nyala terus saat berhenti, saya punya cerita nih mak. Tetangga saya mempunyai dua orang anak, yang sulung berumur 8 tahun, sementara yang bungsu masih 4 tahun. Suatu hari tetangga saya hendak mengambil uang di mesin ATM. Pikirnya mengambil uang pasti tidak butuh waktu lama, apalagi mesin ATM lagi sepi. Kebetulan ia mengendarai motor maticnya dengan membonceng kedua anaknya. Begitu sampai mesin ATM, mesin motornya tidak dimatikan. Bahkan kedua anaknya masih nongkrong diatas motor.

Sama sekali tetangga saya tidak khawatir meninggalkan kedua anaknya. Disaat ia tengah asyik menekan tombol mesin ATM, tiba-tiba suara gas motornya berbunyi kencang. Sontak iapun kaget. Rupanya anak sulungnya memainkan gas motornya. Mungkin pikir si sulung motor itu tak akan lompat, seperti layaknya motor yang pakai gigi. Eh….ternyata mak, motor itu lompat kencang dan menabrak tembok dengan kerasnya, tanpa bisa dikendalikan.

Akibatnya kedua anak tetangga saya babak belur, bahkan pelipis si bungsu harus dijait karena luka benturan tembok. Tetangga saya lemas. Namun dari kejadian itu akhirnya ia jadi waspada saat menghentikan motornya. Peristiwa yang menimpa kedua anaknya benar-benar membuatnya kapok.


Jadi peringatan untuk emak yang mempunyai motor matic dan anaknya masih balita, jangan sekali-kali meninggalkan anak diatas motor, disaat motor dalam keadaan hidup. Mungkin kejadian yang menimpa tetangga saya masih belum parah, meski menelan korban, karena keadaan sekitar sangat sepi. Coba kalau jalan dikiri kanan ramai, bisa-bisa anak emak tertabrak kendaraan lain. Bahaya kan? Yuk waspada sebelum kejadian menimpa kita!

1 komentar:

  1. Saya punya motor matik merek tertenu yang luar biasa BOROS nya hihihi. Makasih atas tips nya

    BalasHapus