Tutorial Membuat Liontin Kolase dari Biji-bijian

Mak....pernahkah dipusingkan permintaan anak untuk membuatkan prakarya? Bagi emak yang kebetulan putra-putrinya sedang duduk di bangku SD, tentunya sering kebingungan ketika mereka mendapatkan tugas dari sekolah. Akan dibuatkan prakarya seperti apa? Atau bagaimana membuatkan prakarya yang unik dan menarik?

Nah, emak jangan bingung ya. Sebenarnya banyak cara dan ragam untuk membuatkan prakarya buah hati kita. Dengan membeli buku tutorial di toko buku, atau googling di internet, kita akan mendapatkan banyak cara membuat prakarya untuk anak sekolah. Bahan dan caranya pun sangat mudah.


Kali ini, saya akan berbagi tutorial membuat liontin kolase dari biji-bijian. Kebetulan minggu ini Fawaz mendapat tugas membuat kalung dengan liontin dari biji-bijian. Tadinya saya akan membuatkan liontin dari bunga dengan ditempeli biji kacang hijau. Yah, namanya anak lelaki, tentu saja Fawaz menolak. Ia minta dibuatkan liontin bergambar angry bird.

liontin angry bird dari biji-bijian buatan Fawaz


Yaa....angry bird, duh bagaimana menggambarnya? Secara saya tidak bisa menggambar mak. Akhirnya saya merayu si "papa" untuk membuatkan gambar sketsa angry bird. Tentunya emak ingin tahu kan apa saja peralatan dan bahan-bahannya kan? Yuk simak dimari supaya bisa dipraktekkan di rumah.

Bahan membuat kalung berliontin kolase:
  • benang atau tali kurang lebih 1 meter
  • kertas karton untuk membuat sketsa
  • lem alteko/kastol
  • biji-bijian kering yang dijual di toko ketrampilan (kacang hijau, kedelai, kacang merah dan jagung?
  • pensil
  • gunting
  • mata-mata-an bila perlu
  • kain flanel
  • sedikit kawat
Cara membuatnya:
  1. Buatlah sketsa gambar diatas kertas karton dengan pensil, misal gambar angry bird. Potong karton itu mengikuti pola angry bird.
  2. Beri garis-garis didalamnya, agar angry bird dapat ditempeli aneka macam biji-bijian.
  3. Beri lem karton tersebut. Atur biji-bijian itu diatas lem secara perlahan, dan rekatkan agar biji-bijian benar-benar menempel kuat.
  4. Tempelkan mata pada bagian angry bird agar terkesan hidup.
  5. Buat bulatan kecil dari kawat untuk memasukkan benang.
  6. Bagian belakang karton, tempelkan kain flanel dengan warna sesuai selera. Tempel dengan lem kastol, lalu potong sesuai pola angry bird.
  7. Potong tali sesuai selera, lalu masukkan kedalam bulatan kawat yang telah dipasang.
  8. Tali rapat atau rekatkan dengan api agar tali itu menyatu dan menjadi kalung.
  9. Kalung pun sudah jadi, dan siap dikumpulkan di sekolah.
Nah...gampang bukan? Yuk mak mulai berimajinasi dan berkreasi untuk membantu membuatkan prakarya buah hati kita.

Selamat mencoba!

Komentar

  1. Bagus sekali hasilnya, jadi mau buat juga ---tapi dari bahan yang bukan makanan. Ada salah 1 pembacaku dia buatkan aku poster dari hana kacang-kacangan dan beras. Hasilnya bagus :) Papanya Fawaz pintar sekali menggambarnya. Request Hello Kitty buatku, dong, hihihi.

    BalasHapus
  2. Waduh, ini melatih indera banget nih buat yg sdh uzur kayak aku biar tetep lincah ngambilin bijinya. Biasa dibuat macem2 ini ya?

    BalasHapus
  3. sangat kreatif, apalagi kalau anaknya diikutkan pada proses pembuatan tentu akan merangsang imajinasi anak

    BalasHapus
  4. asal rapih sama sabar aja sih ,, kalau saya mungkin ga sabar nyusunnya :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer