Selasa, 18 Juli 2017

SO GOOD Ayam Potong Kuah Cabe Hijau, Sajian Spesial Di Hari Lebaran


Bagi saya, lebaran kali ini terasa begitu singkat. Sempat  memesan tiket pesawat untuk ke Jawa, namun pada akhirnya saya batalkan.  Lalu kembali saya pesan tiket dengan jadwal yang berbeda, asal bisa pulang ke Jawa untuk berlebaran disana. Sudah pasti, tak terhitung berapa besarnya rupiah yang harus saya keluarkan. Belum lagi urusan sekolahnya Fawaz yang serba rumit.


Barangkali banyak yang mengalami nasib seperti saya, bingung mengurus pendaftaran sekolah baru. Perbedaan kalender akademik antara Jawa dengan Bali sempat membuat saya kalang kabut. Apalagi jadwal pendaftaran masuk Sekolah Menengah Pertama berdekatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Saya bimbang antara dua pilihan, mudik atau tetap di Bali.

Demi bisa berlebaran di Blitar, saya pun mendaftarkan Fawaz di SMP Swasta sambil menunggu kepastian dari SMP Negeri. Terus terang kurangnya sosialisasi pendaftaran masuk SMP secara online menjadi salah satu penghambat kurangnya pemahaman orang tua terhadap hal ini. Belum lagi penerapan sistem zonasi yang dirasa membingungkan, bener-bener membuat saya seolah dikejar waktu.



Bersyukur saya dan keluarga bisa mudik ke Blitar, bersilaturahmi dengan orang tua dan kerabat terdekat saat lebaran. Meski hanya tiga hari, rasanya dapat mengobati rasa kerinduan yang mendalam terhadap keluarga besar dan kampung halaman. Walau rasa sedih itu tetap ada, dimana waktu yang terlalu singkat untuk bersilaturahmi, saya tidak bisa menikmati lezatnya opor ayam saat lebaran ketupat. Bahkan undangan reuni dengan teman-teman sekolah pun harus saya tangguhkan demi anak.

Kini, rasa sedih itu sedikit terobati setelah melihat nama Fawaz terpampang dalam daftar siswa yang diterima di sekolah negeri. Barangkali inilah hikmahnya, dibalik kesedihan pasti ada berita gembira yang melegakan hati. Dibalik kerja keras tentu ada hasil yang tercapai.

Untuk mengobati rasa sedih gara-gara tidak bisa menikmati lebaran ketupat di Jawa, akhirnya saya coba mengkreasikan resep masakan untuk merayakan lebaran ketupat bersama keluarga di Bali. Awalnya saya bingung, seminggu setelah lebaran Bali masih tampak lengang. Hanya wisatawan saja yang memenuhi tempat wisata. Sementara toko-toko atau pasar yang menjual bahan mentah masih tutup. Kebanyakan para penjual itu adalah orang Jawa, sementara mereka tengah berlebaran sambil menikmati libur panjang di kampung halamannya.

Hanya mini market, supermarket atau mall yang buka. Namun tetap saja, persediaan bahan mentah masih apa adanya, menunggu pasokan dari Jawa. Beruntunglah saya menemukan SO GOOD Ayam Potong didalam lemari pembeku sebuah supermarket. Saya ingat kesukaan suami dan anak saya, sama-sama hobi makan masakan Padang. Salah satu menu andalan Fawaz adalah ayam kuah kuning dengan santan kentalnya. 

Saya coba membeli sebungkus SO GOOD Ayam Potong. Saya ingin membuatkan menu spesial untuk keluarga di rumah, karena momennya sangat tepat, masih dalam suasana lebaran. Dan sungguh, saya suka dengan ayam potong dalam kemasan ini. Mutu dan kualitasnya terjamin.

SO GOOD AYAM POTONG
Ini memang pertama kalinya saya membeli ayam potong dalam kemasan. Tadinya saya pikir daging ayam ini sudah direbus hingga empuk lalu dibekukan. Ternyata saya salah. Ini murni daging asli yang masih mentah namun sudah dipotong menjadi beberapa bagian. Melihat kondisi dalam kemasan saya pun jadi puas dan lebih memilih membeli So Good Ayam Potong ini ketimbang membeli ayam di pasar yang kita sendiri belum tahu bagaimana kondisi sebenarnya. 

Saya rasa produk So Good Ayam Potong ini sangat recommended. Mau Tahu alasannya?
πŸ’ž Ayamnya terlihat bersih dan tidak berbau, sehingga terjamin kebersihannya.
πŸ’ž Daging ayam sudah dipotong menjadi beberapa bagian, tidak menimbulkan bau amis, tidak ada darah yang menempel di daging.
πŸ’ž Berasal dari daging ayam pilihan, benar-benar fresh dan masih baru.
πŸ’ž Daging ayam ini masih mentah, tidak mengandung bahan pengawet, jadi harus disimpan dalam lemari pendingin (freezer).
πŸ’ž Kandungan gizinya masih lengkap dan aman dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak-anak.
πŸ’ž Praktis dan mudah didapat dengan harga terjangkau.
Dan SO GOOD Ayam Potong ini terdiri dari beberapa variant, seperti paha, dada, ayam utuh dan sebagainya, dimana semua variant dapat dikreasikan menjadi masakan cepat saji dengan cita rasa yang nikmat. Ada banyak kreasi masakan berbahan dasar So Good Ayam Potong yang bisa dijadikan inspirasi bagi keluarga kita. 

Tentunya sebagai seorang ibu saya juga ingin berkreasi di dapur sendiri dengan cara yang praktis dan mudah dilakukan. Meski lebaran ketupat identik dengan opor ayam, namun saya tidak ingin latah memasak opor ayam untuk sajian keluarga di rumah. Jadi ibu harus kreatif dan mengerti selera keluarga. Kalau suami dan anak suka dengan masakan Padang, maka saya pun akan membuatkan menu spesial yang mirip dengan masakan Padang. Tidak takut kolesterol atau asam urat naik? Ya...semua itu kan ada porsinya, asal makan secara wajar, yakin deh tubuh masih tetap sehat.

Baiklah, saya akan mencoba menyajikan resep kreasi berbahan dasar So Good Ayam Potong. Menu ini saya beri nama SO GOOD Ayam Potong Kuah Cabe Hijau, kuahnya mirip dengan kuah sate Padang yang kental dan berwarna kuning. Pasti penasaran kan? Yuk kita mulai step by step cara memasaknya.


SO GOOD AYAM POTONG KUAH CABE HIJAU

Bahan-bahan :
πŸ’¦So Good Ayam Potong Paha dan Dada Premium (tidak harus satu kemasan, bisa setengahnya atau sesuai kebutuhan) --- saya hanya mengambil 4 potong saja

πŸ’¦6 butir bawang merah
πŸ’¦5 siung bawang putih
πŸ’¦4 butir kemiri
πŸ’¦Cabe rawit secukupnya
πŸ’¦10 buah buncis

πŸ’¦5 buah cabe hijau

πŸ’¦1 bungkus santan kara
πŸ’¦2 cm lengkuas
πŸ’¦2 cm kunyit
πŸ’¦1 batang sereh
πŸ’¦Garam dan gula secukupnya
πŸ’¦Minyak goreng sedikit


CARA MEMASAKNYA :
πŸ‘‰ Sediakan panci. Keprek sereh. Lalu masukkan 4 buah So Good Ayam Potong (jumlah sesuai selera) yang sudah dicuci bersih. Tambahkan air dan rebus dalam api sedang. Jangan lupa tambahkan sedikit garam. Rebus hingga daging empuk, lalu sisihkan.
 πŸ‘‰ Haluskan bumbu-bumbu: bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri. Keprek lengkuas. Sementara cabe rawit biarkan tetap utuh, buang tangkainya.
πŸ‘‰ Rajang halus buncis dan cabe hijau secara menyerong.
πŸ‘‰ Siapkan sedikit minyak goreng dalam wajan, lalu tumis bumbu halus dan rajangan buncis, cabe hijau serta cabe rawit yang utuh hingga berbau harum.
 πŸ‘‰ Masukkan satu persatu So Good Ayam Potong yang telah direbus, tambahkan sedikit air, setelah itu tambahkan santan kara secukupnya. Aduk-aduk hingga bumbu meresap, kalau perlu ungkep dengan cara ditutup saat memasak. 
πŸ‘‰ Tambahkan garam dan gula sesuai selera, setelah itu cek rasa dan warna. Bila kurang kental bisa ditambahkan santan kara.
πŸ‘‰ Masak hingga kuah mendidih dan bumbu meresap kedalam daging ayam. Bila dirasa sudah matang lalu angkat dan letakkan dalam wadah.
πŸ‘‰ Supaya lebih nikmat bisa ditambahkan taburan bawang goreng, dan rajangan kol.
πŸ‘‰ Meski ada cabe rawit didalamnya, namun kuah masakan ini tidak pedas. Bisa dinikmati oleh anak-anak. Bila kurang pedas bisa juga ditambahkan sambal.
πŸ‘‰ So Good Ayam Potong Kuah Cabe Hijau ini bisa disantap bersama nasi putih atau potongan ketupat/lontong, bisa juga ditambah kerupuk sebagai pelengkapnya.

Nah...mudah dan praktis bukan? 
So Good Ayam Potong Kuah Cabe Hijau ini sangat mudah dimasak sendiri di rumah oleh ibu rumah tangga yang kebetulan tidak mempunyai banyak waktu di rumah. Hanya butuh beberapa menit saja, maka masakan ini siap disajikan untuk keluarga tercinta. Bahkan, bahannya pun sangat mudah didapat. Apalagi cita rasanya, Indonesia banget. Tak perlu harus berburu kuliner masakan Padang, di rumah pun bisa.

Bunda tertarik ingin berkreasi dengan resep masakan di rumah? Saat ini sedang berlangsung lomba kreasi resep masakan berbahan dasar So Good yang hadiahnya sangat menggiurkan. Lomba ini diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network bekerjasama dengan SO GOOD. Siapa tahu dengan mengikuti lomba ini, resep kreasi Bunda bisa menginspirasi bunda-bunda di seluruh Indonesia. Siapa tahu juga bunda-lah pemenangnya. Seru bukan?


Yuk bunda, jangan sampai kelewat deadlinenya, masih ada beberapa hari lagi untuk submit artikel. Ikutkan salah satu resep andalan keluarga bunda dalam Lomba Kreasi Masak Ramadhan & Idul Fitri ala SO GOOD

Indahnya berbagi, senikmat lezatnya resep kreasi andalan bunda untuk keluarga tercinta.

SELAMAT BERKREASI!!!

5 komentar:

  1. Nikmatnya, dimakan pake lontong kasih kerupuk enak bgt ini. Ngileer

    BalasHapus
  2. Selamat buat fawaz bs belajar di sekolah negeri. Btw kuah cabenya enak nih, soalnya saya suka makanan pedaz.

    BalasHapus
  3. wah fawaz udah masuk smp ya skr

    BalasHapus
  4. apapun yang dicampurr sama so good emang enak bangett

    BalasHapus
  5. Menu opor ayam sangat identik dengan lebaran. Entah kebiasaan tsb mungkin sdh menjadi hal yang paling ditungu2

    BalasHapus